Makanan Untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh

Makanan Untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh .- Penyakit tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri. Dimana bakteri tersebut menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Makanan Untuk Penderita TipesTipes merupakan salah satu penyakit infeksi yang dapat dialami oleh setiap orang dengan berbagai kalangan usia.

Tipes adalah penyakit yang paling sering di derita oleh anak-anak, namun orang dewasa juga dapat mengalaminya. Dimana makanan dan minuman yang di konsumsi anak-anak tidak higienis, dan itu menjadi penyebab utama penyakit tipes pada anak-anak.

Bakteri Salmonella typhi yang bertanggung jawab atas munculnya penyakit tipes. Bakteri tersebut merupakan bakteri jahat, yang mana dapat menginfeksi tubuh lewat makanan kemudian menyerang sistem pencernaan tubuh kita.

Tipes adalah salah satu penyakit yang dapat dialami dalam jangka waktu yang cukup lama, yang tentunya dapat mengganggu aktivitas. Serta penyakit tipe ini dapat dialami 1-6 minggu, cukup lama bukan ?

Makanan Untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh

Selain melakukan pengobatan anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat agar mempercepat proses penyembuhan, berikut kami rekomendasikan makanan untuk penderita tipes agar cepat sembuh, yaitu :

  • Bubur

Bubur merupakan yang banyak di rekomendasikan untuk orang sakit, termasuk penderita tipes. Karena bubur memiliki tekstur yang lembut, halus dan mudah untuk dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan.

  • Telur

Telur adalah salah satu makanan yang sangat kaya akan protein tinggi, dimana memiliki sumber makanan yang seperti kalsium, mineral, zat besi, asam amino esensial, dan lainnya. Maka dari itu telur dijadikan salah satu makanan untuk penderita tipes. Konsumsi telur dengan cara direbus, di dadar atau di orak arik dengan campuran minyak zaitun atau wijen.

  • Dada Ayam

Daging ayam terutama dada ayam yang mengandung rendah lemak, dan memiliki serat yang lebih halus oleh karena itu cocok untuk dikonsumsi penderita tipes.

  • Sup Ayam

Sup ayam dapat dijadikan sebagai makanan untuk penderita tipes, karena ayam juga memiliki protein yang bagus untuk daya tahan tubuh.

  • Salmon

Ikan salmon mengandung omega 3 dan 6 yang baik untuk tubuh, maka dari itu dijadikan sebagai pilihan dalam proses pemulihan penyakit tipes supaya cepat sembuh.

  • Sayur Bayam

Sayur bayam juga dapat dijadikan sebagai makanan untuk penderita tipes, dimana sayur bayam ini kaya akan kandungan seperti zat besi, magnesium. Yang mana kandungan tersebut dapat meningkatkan kekuatan tubuh dan mempercepat penyerap nutsisi agar tubuh kembali fit.

  • Kentang Tumbuk

Kentang tumbuh atau mashed potato juga menjadi pilihan makanan untuk penderita tipes. Dimana kentang tumbuh ini terdapat beberapa nutrisi atau gizi penting yang didapatkan dari bahan dasar seperti susu, beberapa sayuran dan rempah serta dari kentang sendiri yang mengandung karbohidrat.

  • Wortel

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, dimana kandungan tersebut bukan hanya baik untuk mata namun baik juga untuk kesehatan.

  • Pisang

Tidak hanya mengandung potasium, pisang juga mengandung magnesium yang mana sangat baik untuk mempercepat penyerapan nutrisi di dalam tubuh, serta membantu untuk menyediakan energi agar tubuh tetap fit.

  • Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat diminati oleh banyak orang karena rasanya yang khas, terutaman jika dibuat jus. Selain dengan rasanya yang khas, buah alpukat juga memiliki kandungan asam lemak baik untuk pencernaan serta pemulihan penderita tipes.

  • Cranberry

Buah cranberry ini bersifat anti-bakteri karena berkat berbagai senyawa antioksidan dan nutrisi yang ada di dalamnya. Maka dari itu buah cranberry ini bisa diandalkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya makanan diatas saja, penderita tipes juga harus dibiasakan konsumsi air putih 8 gelas perhari agar lebih cepat proses pemulihannya.

Demikian artikel pembahasan mengenai makanan penderita tipes, jangan lupa untuk dishare. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda untuk mengetahui penyakit tipes lebih dalam lagi. Lekas sembuh dan Salam sehat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *